Software Recording menggunakan NUENDO 5

Setelah bisa membuat instrumental/beat dengan menggunakan FL Studio pada postingan sebelumnya kita masih ada tahapan selanjutnya untuk membuat sebuang lagu yaitu merekam suara dan menggabungkannya dengan instrumental. Caranya yaitu dengan alat bantu softaware yang bernama Nuendo. Sebenarnya banyak aplikasi pendukung untuk recording namun di sini saya hanya akan menjelaskan Nuendo saja.



Nuendo adalah salah satu software multitrack digital recording yang cukup diperhitungkan kebera-daannya pada saat ini. Dengan NuendoAnda dapat membuat bermacam-macamproyek musik, seperti rekaman band,video scoring/ilustrasi musik video, iklanTV dan radio, musik minus one, file SMF(Standar MIDI Files), mixing dan mas-tering project hingga pembuatan musikberbasis Surround. SX dan WaveLab. Beberapa tahun lalu,Steinberg melahirkan format VST atauVirtual Studio Technology yang sangatrevolusioner dan mengubah dunia digitalrecording. Teknologi VST ini memung-kinkan seseorang membuat studio re-cording berbasis software, baik berupaefek audio/fx plug-in ataupun instrumenmusik virtual/soft-synth.


Setting MIDI & Driver Audio Nuendo
Sebelum menggunakan Nuendo, Anda harus mengatur (setting) MIDI dan audio agar Nuendo dapat bekerja dengan maksimal. Pada menu "Devices > DeviceSetup" di bagian 'MIDI', Anda dapat mengatur koneksi input dan outputMIDI apa saja yang aktif.Pada menu "Devices > Device Setup "di bagian 'VST Audiobay' Anda harus memilih driver audio yang sesuai. Driver audio berfungsi sebagai perantara antara soundcard Anda dengan softwareNuendo sehingga salah memilih driver mengakibatkan performance soundcard dan Nuendo Anda tidak maksimal.Pemilihan driver audio mempengaruhi beberapa hal, seperti kualitas suara dan latency. Latency (satuan msatau milisecond = perseribu detik) adalah waktu yang dibutuhkan oleh software Nuendo untuk merespon apa yang sedang kita kerjakan. Misalnya dengan setting latency yang besar pada saat menggunakan Virtual instrument(instrumen musik berbasis software),maka saat Anda menekan tuts keyboard,output suara akan terdengar terlambat beberapa ms. Dalam musik tentu hal ini sangat mengganggu. Oleh karena itu dibutuhkan soundcard dengan latency
minimal atau 'low-latency' soundcard yang biasanya ada pada soundcard profesional. Apabila Anda hanya mempunyai soundcard onboard, jangan putusasa. Cari dan download driver audio seperti ASIO4ALL. Selain itu Anda harusmen-setting 'Buffer Size' agar latency semakin kecil. Harap diingat bahwa setting Buffer Size yang kecil memang membuat latency menjadi lebih kecil,tetapi hal ini dapat membuat komputer Anda bekerja lebih keras. Setting sepertiapakah yang ideal?
Jawabannya,tergantung dari kemampuan komputer dan soundcard apa yang Anda gunakan.

Setting Input dan Output Bus
Setelah mengatur (setting) MIDI dan driver audio Nuendo, Anda juga harus mengatur input dan output soundcard.Tanpa setting yang benar, kemungkinan besar Anda tidak dapat merekam data audio. Khusus untuk soundcard prodengan input lebih dari 2, contohnya  8input, terkadang Nuendo tidak otomatis mengenal 8 input tersebut. Untuk itu,masuk ke menu “Devices > VSTConnections” atau tekan shortcut F4 padakeyboard.
Revolusi Nuendo pernah cukup terjadi, meskipun. Terhalang oleh perubahan berikutnya dalam kepemilikan dan manajemen Steinberg, fokus asli Nuendo terhadap pro audio dan pasca-produksi menjadi agak diencerkan dengan merilis Cubase SX (yang dibangun di atas fondasi Nuendo) dan Nuendo 2, yang kemudian dimasukkan semua Cubase SX ini fungsi. Beberapa benar-benar memahami di mana garis ditarik antara Cubase untuk musik dan Nuendo untuk pasca produksi, dan kebanyakan orang bahkan tidak bisa melihat garis di tempat pertama.Dengan Nuendo 3, Steinberg benar-benar membuat upaya untuk menambahkan fitur ke aplikasi yang akan menarik bagi pasar pasca produksi, seperti dukungan AAF untuk interoperabilitas dengan workstation audio lainnya, dukungan untuk memutar ulang video melalui hardware khusus, dan kompatibilitas dengan alat-alat seperti sebagai Gallery ADR Studio. Nuendo 3.1 menambahkan fitur untuk audio pull-up dan pull-down, dan Nuendo 3.2 diperkenalkan Control Room, yang menyediakan monitoring dan Komentar Balik fasilitas yang lengkap tanpa perlu untuk mixer eksternal.Dan sekarang pun Nuendo sudah ada pada versi 6.

Berikut Screenshoot halaman kerjanya :

Previous
Next Post »
Thanks for your comment