Mengenal tentang VST - Virtual Studio Technology







Hallo bagaimana uji  coba pertama kalian menggunakan FL ? begitu menyenangkan bukan ? Nah pada postingan kedua kali ini saya akan menjelaskan serta membagikan VST apa saja yang saya ketahui , tidak lupa juga cara memasukan plugin VST ini kedalam FL dan kalian pun juga boleh request jika ada permintaan plugin VST dengan meninggalkan komentar.

Apa itu VST ? Sekalipun seorang musisi dan bahkan seorang ahli komputer pun kadang belum tentu paham apa itu VST. Pertama-tama kita harus tahu kepanjangan dari VST dulu. VST adalah singkatan dari Virtual Studio Technology, Nah dari singkatan VST itu sendiri sudah menjelaskan bahwa VST adalah suatu perangkat lunak berkaitan dengan efek audio yang virtual alias berupa software baik yang harus dikolaborasikan dengan Digital Audio Workstation (DAW)  untuk bisa digunakan maupun yang standalone alias bisa digunakan langsung tanpa software pendukung.Contoh  untuk VST tersebut juga bermacam maca ada gitar,piano,bass,drum,viola dan masih banyak lainnya. Dari yang hanya memanipulasi suara bahkan ada yang memiliki sumber suara sendiri. Bila suatu VST memiliki sumber bunyi sendiri layaknya alat musik (instrumen musik) Maka VST tersebut berjenis VSTi (Virtual Studio Technology instrument). Banyak VST yang beredar di Internet baik yang gratis maupun berbayar. Dengan mengusung fitur beragam seperti memberikan efek suara ringan reverb, delay, flanger, stereoizer dan lain sebagainya juga ada yang berat yang tentunya akan membutuhkan resource CPU besar pula dalam penggunaannya. Ukuraan filenya pun juga besar karena isi didalamnya terdapat sound sound yang berformat wav juga.


Ada tiga jenis plugin VST.
VST instruments menghasilkan audio. Mereka umumnya baik synthesizer virtual atau sampler. Banyak menciptakan tampilan dan suara synthesizer hardware terkenal. VST instrumen yang lebih dikenal termasuk besar-besaran, FM8, Absynth, Sylenth1, Reaktor, Gladiator, Vanguard dan Omnisphere.
VST effects proses daripada menghasilkan audio dan melakukan fungsi yang sama seperti prosesor hardware audio seperti reverb dan phaser. Efek pemantauan lain memberikan umpan balik visual dari sinyal input tanpa pengolahan audio. Kebanyakan host memungkinkan beberapa efek yang akan dirantai. Perangkat pemantauan audio seperti analisis spektrum dan meter mewakili karakteristik audio (distribusi frekuensi, amplitudo, dll) secara visual.
VST MIDI pesan proses efek MIDI (misalnya, transpos atau arpeggiate) dan rute data MIDI untuk instrumen VST lain atau perangkat keras.

Software yang mendukung VST adalah Ableton Live,ACID Pro,Adobe Audition,Adobe Premiere Elements,Adobe Premiere Pro,Ardour (open source),Audacity (version 2.0 was the first stable version to display full VST graphical interfaces) (open source, Windows and Mac platforms only[8]), AudioMulch,Band-in-a-Box,Bidule,Bitwig Studio, Cakewalk Sonar, Deckadance,Digital Performer (version 8 or higher), FLStudio,GoldWave,LMMS (open source),Max MSP,Acoustica Mixcraft, ModPlug Tracker n-Track Studio, NOTION, Podium, PreSonus Studio One, Psycle (open source), REAPER, Renoise, Samplitude, Sony Vegas, Sony Sound Forge, Sony Acid Pro, Steinberg Cubase, Steinberg Nuendo, Steinberg Wavelab, Traktor, Vocaloid.
Setelah mengerti  tentang VST yang tidak jauh beda dengan Soundbank maka saya akan sedikit membagikan VST yang saya di gunakan dalam membuat sebuah instrumental/beat.

berikut ini contoh VST


Ada pula cara untuk instalasinya :
  1. Instal seperti biasa sampai selesai
  2. Klik kana nasal pada patern
  3.   Pilih replace/insert


Previous
Next Post »
Thanks for your comment